Rebuilding the EVOS Roster - Mencari Keseimbangan

Coaching

Seiring dengan datangnya coach asing yang untuk pertama kalinya kami lakukan di EVOS untuk meningkatkan performa tim, kami ingin melakukan sedikit sharing kepada EVOS Legion mengenai proses adaptasi terhadap coach kami dan beberapa kesalahan yang kami lakukan di dalam proses tersebut.

Jujur saja, awalnya, kami ber pikir bahwa dengan membawa coach asing, kami dapat membasmi segala permasalahan yang ada di dalam tim. Sayangnya, fakta berkata lain. Dari sisi manajemen, kami melakukan kesalahan dalam fase awal implementasi coach ke dalam tim, dan kami merasa bersalah terhadap para pemain dan fans kami. Kesalahan ini berakibat pada rendahnya semangat para pemain dan juga berakibat permainan buruk serta hasil yang tidak memuaskan untuk para fans dalam sebulan terakhir, terutama pada WCA Indo Qual, The Major League, serta Summit Open Qualifier.

Apa yang terjadi?

Kita mencoba untuk menggunakan metode latihan dengan konsep militan, dan hasilnya tidak seperti yang kami harapkan. Meskipun para pemain mengalami peningkatan dalam aspek pengetahuan in-game, mereka merasakan tekanan yang sangat besar di luar game. Hal tersebut menyebabkan moral yang rendah, dan merusak kepercayaan diri mereka sebagai pemain.

Masing-masing pemain menjadi sangat kritis terhadap kesalahan individu yang terjadi di dalam game. Diskusi tim menjadi kurang efektif, dan berakhir menjadi blaming time dimana kita hanya mencari kesalahan satu dengan yang lainnya. Meskipun saling kritis merupakan hal yang baik, kita gagal mendapatkan keseimbangan antara kritik positif dan negatif, dan menyebabkan suasana negatif di tim, munculnya rasa ragu antar pemain dan hilangnya rasa percaya terhadap skill individu dari masing-masing pemain. Jika kalian melihat beberapa pertandingan kami, kita tidak lagi bermain sebagai sebuah tim, dan tidak adanya keseimbangan tersebut yang menjadi sebabnya.

Menatap hari esok, kita telah mengambil hikmah dari apa yang kita lalui sebulan terakhir. Kita akan mencari cara untuk menemukan keseimbangan tersebut dan mencari formula coaching yang lebih efektif untuk tim kami, sehingga kami dapat kembali ke performa terbaik, dan membawa eSports Indonesia selangkah ke depan bersama #EVOSFAMILY.

Terima kasih kepada para EVOS Legion yang masih support EVOS dalam kondisi apapun dan juga terima kasih kepada para partners, GO-JEK, Traveloka, Lenovo dan NVIDIA yang masih tetap percaya kepada tim EVOS. #EVOSROAR