Cerita ini adalah contoh yang diambil dari sumber media eksternal. Mereka tidak mewakili pandangan atau posisi EVOS Esports.

Tanggal 29 Agustus 2020, EVOS Legends bertanding melawan ONIC Esports dalam ajang Mobile Legends Professional League (MPL) Season 6. Gak seperti pertandingan MPL biasanya, pertandingan ini diwarnai oleh aksi AFK yang dilakukan oleh player EVOS Legends. AFK adalah sebutan para gamers yang berarti Away From Keyboard.

Sebutan ini biasa dipakai untuk player yang ingin meninggalkan karakter game-nya karena kesalahan teknis atau untuk melakukan sesuatu yang lain, sehingga karakternya menjadi diam dan gak melakukan apa-apa. AFK biasanya dilakukan oleh player yang bermain di server umum (​public​), tetapi kali ini EVOS melakukan hal tersebut saat turnamen bergengsi.

Dengan AFK-nya EVOS Legends di turnamen sebesar MPL membuat berbagai media meliput hal tersebut. Dailyspin.id membahas kasus ini dari segi yang berbeda. Mereka menjelaskan kronologi mengenai apa yang terjadi di pertandingan tersebut dan menunjukan tanggapan salah satu pemain ONIC yaitu Rasy.

Source: Dailyspin.id

Dalam artikel itu disebutkan bahwa Rasy menghubungi salah satu pemain EVOS Legends yaitu Rexxy untuk menjelaskan situasi yang terjadi menurut segi pandang pemain ONIC. Mereka sendiri terkejut dengan apa yang terjadi dan sempat bertanya kepada wasit pertandingan. Rasy juga berkata apabila ONIC melakukan AFK, mereka akan mendapatkan denda yang gak sedikit jumlahnya.

Source: esports.id

Beda lagi dengan yang dibahas oleh esports.id. Mereka membahas kejadian ini dari sudut pandang yang berbeda, mereka membahas kejadian ini dari perspektif salah satu player EVOS Legends yang dulunya sempat membuat EVOS memenangkan MPL S4 sebagai coach, Zeys. Artikel tersebut membahas tentang Instagram Story Zeys, yang menyatakan keheranannya terhadap panitia yang gak melakukan remake.

Source: MPL ID

Artikel tersebut juga menjelaskan kalau kemenangan ONIC adalah kemenangan yang adil dan jujur. Artikel tersebut memberikan bukti foto mengenai peraturan di MPL ID perihal masalah pause dan memang Evos telah melewati limit pause 5 menitnya.

Memang, masalah jaringan sering kali membuat para gamer kesal, hal itu pun yang dirasakan oleh para player EVOS Legends ketika bertanding melawan ONIC kemarin. Kejadian itu pun bukanlah sesuatu yang diinginkan oleh pihak EVOS Legends. Tentunya, EVOS Legends ingin memberikan performa terbaiknya untuk berjuang mendapatkan gelar juara di MPL season yang ke-6 ini.

Mari jadikan kejadian kemarin pembelajaran untuk menjadikan kita, baik player maupun penonton menjadi individu yang lebih dewasa dalam menyikapi suatu masalah.

Check out our social media:

EVOS Esports site: https://www.evosesports.com

YouTube:   https://www.youtube.com/evosesports

Instagram: https://www.instagram.com/evosesports

Facebook:  https://www.facebook.com/teamEVOS