Kalo ditanya soal pemain muda berbakat, kita mengenal nama Satria Adi Wiratama atau yang dikenal sebagai EVOS Wiraww. Dia adalah player jungler/carry dari divisi Arena of Valor EVOS Esports. Di umurnya yang masih terbilang sangat muda, pemain kelahiran tahun 2002 ini baru saja mendapatkan peringkat pertama dalam national qualifier di Indonesia Games Championship (IGC) 2020. Simak yuk perjalanan seorang Wiraww hingga bisa menjadi pro player hebat seperti sekarang!

Berhasil menjuarai turnamen, Wiraww dan timnya mendapat tawaran dari EVOS Esports

Tiga tahun yang lalu, tepatnya di Bulan Juli, Wiraww pertama kali bergabung dengan EVOS Esports. “Awal mulanya sih aku tertarik sama dunia esports, terus kebetulan AoV baru rilis dan ada pertandingannya. Dari situ aku coba ikutan, juara deh turnamen nasional pertama di AoV,” tutur Wiraww. Karena timnya berhasil meraih juara, akhirnya mereka mendapatkan tawaran dari EVOS Esports. Saat itu Wiraww pun belum tergabung dengan tim apa pun dan masih bermain secara independen bersama teman-teman setimnya.

Wiraww pertama kali bermain game MOBA saat duduk di bangku SMP

Wiraww sudah tertarik dengan game sejak TK. Saat itu, dia melihat kakaknya yang sedang bermain PlayStation dan dari situlah dia ikut tertarik memainkannya. Dia pernah memainkan game Bishi Bashi dan beberapa game balapan. Wiraww juga sempat tertarik dengan game Guitar Hero.

Ketika masuk SMP, Wiraww mulai mencoba bermain game MOBA. Karena saat itu game MOBA mulai booming dan banyak juga teman-teman yang memainkannya. Dia pun tertarik mencoba dan mulai bermain game Mobile Legends. Namun, karena device yang dimilikinya tidak mempunyai cukup storage, akhirnya Wiraww beralih ke AoV.

Wiraww harus meminta tolong pihak Garena untuk meyakinkan orangtuanya

Wiraww tidak pernah terpikir untuk menjadi pro player sebelumnya. Dia memutuskan bergabung menjadi pro player karena dia melihat adanya kesempatan yang bagus ke depannya. “Aku mulai tertarik ikut kompetisi-kompetisi saat SMP. Pernah coba ikut kompetisi mengetik cepat dan menang, dari situ jadi ketagihan ikut kompetisi lagi. Terus pas tahu ada turnamen game, jadi tertarik ikutan juga,” jelas Wiraww.

Ketertarikannya mengikuti kompetisi akhirnya membawa Wiraww terjun ke dunia game. Meski awalnya, orangtua Wiraww menganggap bahwa mengikuti turnamen game itu kurang berguna. Wiraww pun berusaha keras meyakinkan kedua orangtuanya sampai harus minta tolong pihak Garena. Setelah itu, barulah orangtuanya percaya dan mendukung apa yang menjadi kesukaan Wiraww.

 Begini cara Wiraww bangkit dari kegagalan

Menurut Wiraww, penampilan terburuknya selama mengikuti turnamen adalah saat ASL Season 2. “Waktu itu ketika ASL season 2, aku underperform. Gara-gara itu, butuh beberapa bulan untuk mengembalikan ​skill ​ ,” ujarnya. Dia merasa skill individunya saat itu sangat jelek dan mempengaruhi performa tim.

Namun, dia gak langsung menyerah begitu saja. Dia bekerja keras untuk mengembalikan skill ​ -nya. Wiraww juga menonton gameplay untuk melakukan evaluasi, padahal dulunya dia tidak pernah melakukan hal tersebut. Bukan hanya gameplay dirinya sendiri, dia juga menonton gameplay orang lain untuk dijadikan pelajaran. Selain itu, Wiraww juga akan menambah jam latihannya ketika kurang puas dengan performa bermainnya. Sehari, Wiraww bisa menghabiskan waktu delapan jam untuk berlatih.

Ada tips nih dari Wiraww buat kamu yang ingin jadi pro player

Bagi Wiraww, dedikasi yang tinggi penting dimiliki oleh seorang pro player. Karena ketika seseorang telah berdedikasi dengan hal yang disukai, dia gak pantang menyerah untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Hal ini juga perlu dimiliki bagi para pemain pemula yang ingin menjadi pro player. Selain itu, rasa penasaran terhadap game yang dimainkan juga harus tinggi, agar bisa tetap fokus dalam mengejar target.

Nah, gimana menurutmu tips dari Wiraww di atas? Semoga menginspirasimu untuk meraih impian menjadi pro player ya!

EVOS Esports site: https://www.evosesports.com

YouTube:   https://www.youtube.com/evosesports

Instagram: https://www.instagram.com/evosesports

Facebook:  https://www.facebook.com/teamEVOS

Share: