Di tengah meningkatnya popularitas permainan auto battler, apa sebenarnya permainan auto battler itu?

Auto battler adalah jenis permainan video game yang membutuhkan strategi dan taktik untuk memenangkan pertandingan. Terdiri dari delapan pemain dan beberapa sesi permainan, setiap pemain bertanding dalam urutan yang acak. 

Dimainkan di atas arena permainan bermotif catur, setiap unit berpindah dengan aturan yang berbeda-beda.  Pemain dapat dengan bebas menyusun unit sesuai dengan keinginannya. Selain itu, permainan tidak dimulai dengan papan yang sudah terisi oleh unit, melainkan pemain perlu menyusun papannya sendiri dengan membeli, upgrade, atau menjual unit. 

Di setiap sesi, pemain diberikan kesempatan untuk membeli karakter acak dengan emas yang dimiliki. Pemain boleh memilih untuk membeli atau tidak, yang terpenting adalah untuk membentuk tim dengan kelas karakter yang sama agar mendapatkan bonus, atau synergies.

Chess Rush

Dalam permainan jenis auto battler, pemain tidak perlu mengontrol setiap unit saat pertandingan. Pemain cukup menempatkan masing-masing unit dan mereka akan melawan setiap musuh yang datang. Menempatkan unit atau pieces yang memiliki kesamaan kelas pada permainan akan mengaktifkan strategi menyerang, defensif, atau berbagai macam bonus yang dapat memperkuat masing-masing unit. Karena pemain tidak mengontrol unit, pengumpulan bonus synergies dan penempatan unit menjadi faktor penting untuk bertahan hingga akhir permainan dan keluar sebagai pemenang. 

Banyaknya pilihan permainan tentu membuat para pemain bingung untuk menentukan mana yang harus mereka mainkan. Nah, apa saja kelebihan dan kekurangan dari masing-masing permainan auto battler? 

Auto Chess

Auto Chess memang bukan permainan auto battler pertama yang diciptakan, tapi kehadiran permainan ini merupakan titik berangkat dari popularitas permainan auto battler lainnya. Mengulik kembali ke awal kehadiran Auto Chess, permainan ini ditujukan sebagai custom workshop mode di Dota 2. Di tengah pembuatannya, Drodo memutuskan untuk memisahkan diri dengan Valve dan bergabung dengan Dragonest, video game studio dari Cina, dan melahirkan Auto Chess. 

Karena kehadirannya yang lebih lama dibanding dengan permainan sejenis, Auto Chess menyediakan lebih banyak pilihan karakter, atau pieces, dilengkapi dengan metagame yang lebih rumit. Namun, di sisi lain, permainan ini memiliki banyak kendala di dalamnya. Salah satu contohnya, tampilan permainan yang tidak terlalu jernih, User Interface (UI) Auto Chess yang seringkali tidak intuitif, dan petunjuk permainan yang dinilai masih kurang jelas. 

Dota Underlords

Yang menarik dari permainan ini adalah kehadirannya yang merupakan pembaruan tampilan dari Auto Chess. Mengingat sebelumnya Auto Chess ditujukan untuk Dota custom mode, Dota berhak untuk membuat permainan dengan jenis yang sama, sehingga secara garis besar, permainan ini memiliki banyak kesamaan dengan Auto Chess. 

Dota Underlords berhasil hadir dengan User Interface (UI) yang lebih jernih, item-item baru yang lebih memuaskan, dan hal-hal pendukung lainnya. Walaupun pilihan karakter yang disediakan lebih sedikit jika dibandingkan dengan Auto Chess, alur permainan Dota Underlords lebih mudah diikuti dan dipahami. 

Chess Rush

Bagi kalian yang ingin bermain permainan auto battler namun tidak memiliki banyak waktu senggang, Chess Rush solusinya! Chess Rush adalah satu-satunya permainan auto battler yang menyediakan fitur Turbo Mode. Dengan fitur ini, pertandinganmu dapat berlangsung jauh lebih singkat, hanya berkisar antara belasan menit. 

Selain itu, permainan ini diluncurkan khusus untuk mobile, sehingga grafis dan UI pun sudah sangat teroptimasi. User Interface (UI) serta penempatan dan ukuran tombol yang tidak memenuhi layar juga menjadi kelebihan utama dibandingkan permainan auto battler lainnya. 

Jadi, di antara Auto Chess, Dota Underlords, dan Chess Rush, sudah menentukan mau memilih permainan yang mana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *